Vitamin Alami

Vitamin Alami Khusus Untuk Ayam Jago Agar Makin Kuat

Vitamin Alami untuk ayam jantan membutuhkan berbagai jenis vitamin dalam makanannya atau melalui obat-obatan dan suplemen untuk memastikan performa optimal sepanjang hidupnya, terutama selama acara. Jenis vitamin utama yang mereka butuhkan adalah:

Baca Juga : Cara Mengobati Luka Ayam Jago Yang Tertusuk Taji
  • Protein
  • Mineral
  • Asam amino

Langkah Yang Cocok Meningkatkan Kesehatan Ayam Jago ?

  1. Nutrisi: Salah satu faktor terpenting untuk kesehatan ayam jago adalah pola makan yang kaya protein, karbohidrat, dan lemak sehat.
  2. Vitamin dan Mineral: Untuk meningkatkan performa latihan, berbagai vitamin dan suplemen dapat dimasukkan ke dalam makanan ayam jago.
  3. Fasilitas : Lingkungan tempat tinggal ayam jago sebaiknya dibersihkan minimal setahun sekali untuk mencegah penyakit dan menjaga kondisi ayam jago tetap baik.
  4. Pelatihan: Menyesuaikan rutinitas ayam jago dengan tiga tahap pelatihan (pra-pengkondisian, pengkondisian, dan pasca-pengkondisian) sangat penting untuk memperkuat otot, oksigenasi, dan vitalitas sebelum pertandingan.
  5. Istirahat dan Pemulihan: Ayam jantan terkena stres terus-menerus selama pelatihan, sehingga memerlukan istirahat dan pemulihan yang cukup. Menetapkan jadwal istirahat di antara sesi latihan memang bermanfaat.
Baca Juga : 12 Ras Ayam Jago Terbaik Untuk Di Ternak Halaman Belakang

Vitamin Alami Cocok Untuk Ayam Jago :

Lebah madu

Karena sifatnya yang menenangkan, antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri, madu lebah telah lama digunakan baik pada manusia maupun ayam aduan. Mengandung vitamin A, D, E, B1, C, K, kolin, rutin, fosfor, natrium, kalium, kalsium, tembaga, aluminium, besi, seng, mangan, timbal, silikon, klorin, belerang, dan magnesium, menjadikannya salah satu sumber vitamin terbaik.

Bawang putih

Bawang putih merupakan superfood yang kaya akan vitamin dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Ia menawarkan manfaat antioksidan dan berfungsi sebagai antibiotik. Selain itu, bawang putih membantu menghilangkan bakteri berbahaya, mencegah dan membantu pengobatan penyakit parasit.

Baca Juga : Program Latihan Ayam Jago Sebelum Pertandingan

Bila digunakan untuk ayam jago, bawang putih bermanfaat karena kandungan Vitamin B1, Vitamin B2, belerang, kalsium, kalium, dan fosfor.

Jeruk nipis

Jus lemon mengandung vitamin C yang tinggi, yang membantu mencegah penyakit pernafasan dan parasit pada ayam Anda. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit umum pada ayam aduan halus dan menjaga kesehatannya sepanjang hidup. Cukup encerkan jus lemon segar ke dalam tiga liter air.

Cuka Sari Apel

Dengan kandungan enzim, mineral, dan vitamin yang tinggi, cuka sari apel memiliki khasiat obat untuk burung. Ini mengurangi pertumbuhan bakteri, sehingga mengurangi terjadinya penyakit usus seperti Koksidiosis. Ini juga mencegah penyebaran bakteri dan jamur di sistem pencernaan. Selain itu, ia memiliki sifat anti-inflamasi dan detoksifikasi.

Baca Juga : Vitamin Ayam Jago Serta Supplemen Tingkatkan Energi

Catatan: Meskipun vitamin buatan sendiri ini dapat memberikan beberapa manfaat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan atau ahli unggas untuk mendapatkan panduan yang tepat mengenai dosis dan suplemen untuk memastikan kesejahteraan dan kesehatan ayam jago Anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *