merawat ayam jago

Tips Merawat Ayam Jago Yang Benar & Langkah Terbaik

Merawat Ayam jago dapat menjadi tambahan yang berharga dan bahkan penting bagi kawanan unggas Anda, namun Anda harus bersiap untuk memenuhi kebutuhan unik burung-burung ini. Memahami ayam jantan, perannya dalam kawanan unggas di halaman belakang, dan persyaratan perawatan khusus mereka dapat membantu Anda menjaga kawanan unggas Anda tetap sehat dan produktif.

Baca Juga : Bangkit Dari Terpurukan Ayam Pak Asmat Jadi Raja Tarung

How To Reduce Stress in the Chicken Coop - Dine-A-Chook

Perawatan Ayam Terbaik

Saat Anda siap untuk membawa ayam jago ke dalam kawanan Anda, Anda perlu menyesuaikan perawatan ayam Anda untuk mengakomodasi kepribadian baru dan kebutuhan uniknya.

Pilihlah jenis ayam jago yang tepat.

Sama seperti ayam betina yang berbeda memiliki kepribadian dan tingkat produktivitas yang berbeda, ras ayam jantan yang berbeda juga dikenal memiliki tingkat kebisingan dan agresi yang berbeda. Pertimbangkan juga iklim setempat dan kepribadian umum ayam Anda saat memilih ayam jantan untuk memastikan ia cocok di daerah Anda.

Baca Juga : Si Ayam Jago Pak Budi Kembalinya Peforma Terbaiknya

Dapatkan jumlah yang tepat untuk ukuran kawanan Anda.

Secara umum, satu ekor ayam jantan nyaman dengan 8-12 ekor ayam betina. Jika Anda mempunyai terlalu banyak ayam jantan, mereka akan menjadi lebih agresif satu sama lain dan ayam betina juga akan mengalami stres karena terlalu banyak perhatian dari ayam jantan.

Baca Juga : Cerita Pak Karta Ikut Program Perawatan Ayam Dari Papajiyam

Jika Anda hanya memiliki beberapa ayam, mungkin mereka tidak akan tertarik untuk memelihara ayam jantan sama sekali kecuali Anda menambah ukuran kawanan secara keseluruhan.

Sosialisasikan ayam jago Anda segera.

Semakin banyak ayam jago Anda berinteraksi dengan Anda dan mengenal Anda, sejak ia masih kecil, ia akan semakin beradaptasi dengan kehadiran Anda. Hal ini akan membantu membangun dominasi sosial Anda sebagai pemimpin kawanan dan memudahkan Anda memeriksa burung jika diperlukan, karena ia akan terbiasa dengan Anda dan akan lebih nyaman dipegang.

Berikan pakan berprotein tinggi.

Ayam jantan membutuhkan protein yang lebih tinggi dalam makanannya dibandingkan ayam betina. Memberikan tambahan protein atau makanan kaya protein akan menjaga ayam jago Anda tetap dalam kondisi prima, namun jangan mengganggu pola makan ayam untuk melakukannya.

Baca Juga : Vitamin Alami Khusus Untuk Ayam Jago Agar Makin Kuat

Sebagai gantinya, beri makan ayam jantan Anda secara terpisah atau tawarkan pakan berprotein tinggi di tempat makan yang lebih tinggi yang hanya dapat dijangkau dengan mudah oleh ayam jantan.

Waspadai luka dan cedera.

Karena ayam jago bersifat agresif, mereka sering kali mendapat luka kecil dan cakaran yang mudah terinfeksi. Perhatikan baik-baik jika ada cedera, dan segera obati luka untuk mencegah infeksi serius dan ketidaknyamanan. Demikian pula, pastikan tidak ada ayam yang menderita karena perhatian ayam yang tidak semestinya.

Jagalah agar taji dan kuku tetap dalam kondisi baik.

Ayam jantan memiliki taji panjang yang merupakan senjata utama mereka, namun taji tersebut – begitu juga dengan cakar burung – dapat patah atau retak dan mungkin perlu dipangkas atau dikikir sesekali agar tetap dalam kondisi terbaik. Hal ini sangat penting seiring bertambahnya usia ayam jantan dan kukunya menjadi lebih rapuh.

Lindungi ayam jantan dari suhu dingin yang berlebihan.

Karena ayam jantan memiliki jengger dan pial yang lebih besar, kulit telanjangnya sangat rentan terhadap dingin dan radang dingin. Sediakan kandang terisolasi yang bebas angin untuk menjaga burung tetap hangat, dan pertimbangkan lampu penghangat tambahan jika diperlukan saat cuaca dingin. Pasang penahan angin untuk memberi perlindungan pada burung di luar ruangan, dan ambil langkah lain untuk melindungi mereka dari suhu dingin ekstrem.

Baca Juga : Cara Mengobati Luka Ayam Jago Yang Tertusuk Taji

Ayam jantan bisa menjadi tambahan yang kaya dan hidup untuk kawanan ayam Anda, jika Anda mengetahui kebutuhannya dan cara merawatnya dengan benar. Sebelum Anda menyadarinya, ayam jago Anda akan menjadi gembong di kandang Anda.

Bagaimana Cara Menenangkan Ayam Jago Yang Ketakutan?

Bersikaplah tenang, bicaralah dengan lembut, dan bergeraklah dengan lembut di sekitar mereka. Duduklah di bangku kecil yang rendah bersama mereka dan beri mereka camilan. Menggaruk itu baik karena mereka menyukainya, dan Anda bisa memberi mereka dalam jumlah kecil, dan mereka harus tetap berada di tempat Anda menaruhnya, agar bisa memakannya, sedangkan mereka bisa lari dan kenyang terlalu cepat dengan camilan yang lebih besar seperti anggur

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *